Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Keterampilan Berbicara Menggunakan Aplikasi ELSA Speak

Penulis : Dessy Dwisusila, M.Pd Mahasiswa Program Doktor Ilmu Keguruan Bahasa Universitas Negeri Padang Pembelajaran bahasa Inggris di Indon...

Penulis : Dessy Dwisusila, M.Pd
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Keguruan Bahasa Universitas Negeri Padang

Pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia khususnya dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris menjadi masalah karena alasan tidak bisa, kurangnya kosa kata, dan ketakutan dalam salah ucap (mispronounce). Padahal  untuk berbicara bahasa Inggris bukan dari ukuran bisa dan tidak bisa serta ukuran menguasai kosa kata namun kemampuan berbicara bahasa Inggris adalah dari adanya kemauan untuk memberanikan diri.  Cara  yang  sangat  tepat  adalah  memaksakan  diri  untuk  berani  dan  mencoba  menerapkan berbicara bahasa Inggris pada kegiatan sehari-hari. Sebenarnya  Bahasa  Inggris  dipahami  oleh  kebanyakan  orang namun  sebagian  orang  tidak  menggunakan  bahasa  inggris  untuk  berkomunikasi  dan  hanya beberapa orang yang berani untuk berkomunikasi lancar dengan bahasa Inggris.

Berbicara adalah keterampilan yang penting. Berbicara dalam bahasa Inggris menjadi semakin penting dalam komunikasi internasional. Namun, siswa sering mengabaikan pentingnya kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, karena proses pengucapan suara bahasa Inggris sulit bagi seorang siswa yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, terutama ketika seorang guru juga bukan penutur asli dan gagal mengucapkannya. Suara bahasa Inggris dengan benar dapat mengakibatkan kesalahpahaman makna, meskipun kemampuan ini sangat berguna bagi mereka. Dengan menguasai bahasa Inggris, mereka dapat lebih terbantu dalam berbagai hal seperti berkomunikasi dengan orang dari negara lain, dapat digunakan dalam pekerjaan dan pendidikan. 

Keahlian berbahasa Inggris yang baik dan benar merupakan suatu hal penting di era digital seperti saat ini. Artinya, dengan memiliki kemampuan bahasa bahasa Inggris dapat memudahkan beraktivitas dengan dunia internasional. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Center for Quality Improvement for Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL) pada seminar regional “Language Policy and Language Education”, ditemukan bahwa negara-negara ASEAN tetap memprioritaskan bahasa Inggris sebagai bahasa yang harus dikuasai siswa agar mampu bersaing di tingkat dunia.

Pada bidang  pendidikan  di  era  society  5.0  ini,  siswa  dalam  proses  pembelajarannya langsung  berhadapan  dengan  robot  (aplikasi)  yang  khusus  dirancang  untuk  menggantikan pendidik  atau  dikendalikan  oleh  pendidik  dari  jarak  jauh.  Bukan  tidak  mungkin  proses  belajar mengajar bisa terjadi di mana saja dan kapan saja baik itu dengan adanya pengajar ataupun tidak. Banyak  sekali  teknologi  yang  bisa  diunduh  dari  internet  dengan menggunakan ponsel pintar (smartphone) untuk  dijadikan  pembelajaran  bahasa Inggris  khususnya  untuk  meningkatkan  kemampuan  dalam  pengucapan  salah satunya  adalah aplikasi ELSA Speak. 

Aplikasi English  Learning  Speech  Assistant  (ELSA) dirancang  oleh  Vu  Van  pada  tahun  2015  di  San  Fransisco,  Amerika  Serikat. Aplikasi  ini memanfaatkan    Artificial    Intelligence    (AI)    dan    speech    recognition    untuk    membantu meningkatkan dan menyempurnakan pengucapan bahasa Inggris. Aplikasi ELSA  Speak dapat  mendeteksi  kesalahan  pengucapan pengguna  dengan keakuratan   lebih   dari   95%.   Aplikasi   ini   juga   dapat   menerima advanced   feedback untuk memperbaiki   kesalahan   pengucapannya. Fitur   ini   merupakan   salah   satu   hal   yang membedakan   ELSA   dengan aplikasi   lainnya. Adanya   Aplikasi   ini diharapkan  dapat membantu  siswa  untuk  meningkatkan  belajar  berbicara  bahasa  Inggris  dengan  baik dan benar, dengan memperhatikan setiap pelafalan di setiap kata karena satu kata yang salah diucapkan maka akan merubah makna kata tersebut. ELSA Speak menyediakan lebih dari 1.200 pelajaran serta lebih dari 60 topik bagi user untuk melatih pengucapan, mulai dari latihan pengucapan  kata, frasa, serta kalimat bahasa Inggris. Fitur lain yang ditawarkan ELSA adalah kamus interaktif, yang akan membantu user bagaimana cara mengucapkan kata atau frasa yang dicarinya.

Aplikasi ELSA Speak ini ada yang versi gratis dan versi berbayar atau pro. Aplikasi ini dapat di download di Playstore dan diinstall ke dalam smartphone. Manfaat aplikasi ELSA Pro untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris diantaranya: 1) Pelacakan Kemajuan, ELSA melacak kemajuan siswa sehingga mereka dapat melihat seberapa jauh telah belajar. siswa juga mungkin terkejut ketika mengetahui seberapa cepat akan berkembang melalui sistem ini; 2) Pelajaran, 3.000 pelajaran diatur ke dalam 22 keterampilan utama yang diperlukan untuk menguasai pengucapan bahasa Inggris, dengan pelajaran baru ditambahkan secara berkala; 3) Pengalaman Bebas Iklan, Pengalaman bebas iklan ELSA Pro akan membantu siswa tetap fokus dan menyelesaikan pelajaran lebih cepat; 4) Analisis Pidato Terperinci, Teknologi AI memberikan wawasan tentang kemajuan dan kelemahan berbicara siswa sehingga siswa dapat mengidentifikasi bagian mana yang pas untuk ditingkatkan; dan 5) Rencana Pembelajaran yang Disesuaikan, ELSA terus-menerus menilai kembali pengucapan bahasa Inggris siswa, memberikan rencana pembelajaran harian yang disesuaikan untuk membantu siswa meningkatkannya dengan cepat. 

Contoh tampilan ELSA Speak seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Tampilan Aplikasi ELSA Speak

Aplikasi  ELSA Speak memiliki sensor pengenalan perbedaan suara vokal dan konsonan. Selain itu, dalam aplikasi ini dapat  menampilkan  dan  membedakan  pola  intonasi  tata  bahasa  dan  semantik.  Urutan  belajar yang disajikan juga tersusun rapih dan berurutan. Instruksi dan penjelasan cara pengucapanpun di jelaskan dengan baik dan mudah dimengerti. Aspek multimedia yang terdapat di aplikasi ini seperti tampilan  gambar,  instalasi/menu  dan  suara  yang  ditampilkan  dirancang  dengan  sangat  baik. Dari beberapa keunggulan yang ada terdapat juga kekurangannya yaitu memerlukan koneksi internet dan tdak semua fitur dapat diakses pada versi gratis. Para peneliti menemukan 15 aplikasi pengucapan serta membuktikan  bahwa  aplikasi  ELSA  Speak adalah  yang  paling  disarankan penggunaannya dalam pembejaran bahasa Inggris.

Penggunaan  aplikasi ELSA Speak ini  memberikan  dampak  positif  terhadap peningkatan  kemampuan cara  pengucapan  Bahasa  Inggris  pada  siswa. Apikasi ELSA  Speak dapat  dijadikan  sebagai salah satu inovasi media belajar yang membantu  siswa  dalam meningkatkan berbicara  bahasa  Inggris  dengan  baik dan benar. Sehingga di konteks Indonesia, menurut English First English Proficiency Index (EF FPI), Indonesia menempati urutan ke 61 dari 100 negara dengan skor 50,06. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia masih sangat rendah. Padahal kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan bagi para pelajar dan pekerja. Terutama untuk studi ke luar negeri dan kesempatan kerja yang lebih tinggi.

COMMENTS




Nama

ACEH,2,ACEH BARAT (ACEH),1,ACEH BARAT DAYA (ACEH),1,ACEH BESAR (ACEH),4,ACEH SINGKIL (ACEH),2,ACEH TENGAH (ACEH),17,ACEH TENGGARA (ACEH),1,ACEH TIMUR (ACEH),46,ACEH UTARA (ACEH),35,ADVERTORIAL,109,ARTIKEL,13,ASAHAN (SUMATERA UTARA),1,BALI,7,BANDA ACEH,6,BANDA ACEH (ACEH),1,BANDAR LAMPUNG (LAMPUNG),14,BANDUNG (JAWA BARAT),1,BANGGAI (SULAWESI TENGAH),15,BANTUL (YOGYAKARTA),4,BANYUASIN (SUMATERA SELATAN),2,BATAM (KEPULAUAN RIAU),8,BATUBARA (SUMATERA UTARA),19,BEKASI (JAWA BARAT),1,BENER MERIAH (ACEH),28,BENGKALIS (RIAU),56,BENGKULU TENGAH (BENGKULU),2,BERAU (KALIMANTAN TIMUR),4,BERITA DUKA,1,BIMA (NUSA TENGGARA BARAT),6,BINTAN (KEPULAUAN RIAU),1,BIREUEN (ACEH),1,BITUNG (SULAWESI UTARA),32,BOGOR (JAWA BARAT),5,BOYOLALI (JAWA TENGAH),1,CILEGON (BANTEN),1,DELI SERDANG (SUMATERA UTARA),5,DENPASAR (BALI),2,DOMPU (NUSA TENGGARA BARAT),10,DPRD Kampar,9,DPRD SIAK,6,DUMAI (RIAU),12,EKONOMI,7,EMPAT LAWANG (SUMATERA SELATAN),1,GALERI FOTO,9,GALERI FOTO (DPRD KAMPAR),1,GAYO LUES (ACEH),4,GORONTALO UTARA (SULAWESI UTARA),1,GUNUNGSITOLI (SUMATERA UTARA),1,HUKRIM,1423,HUKUM,342,INDRAGIRI HILIR (RIAU),1,INDRAGIRI HULU (RIAU),58,INFOTORIAL,559,INTERNASIONAL,1,JAKARTA,132,JAYAPURA (PAPUA),18,KAMPAR,558,KAMPAR (RIAU),2070,KARANGANYAR (JAWA TENGAH),1,KARO (SUMATERA UTARA),1,KEEROM (PAPUA),5,KEPULAUAN MERANTI (RIAU),3,KEPULAUAN YAPEN (PAPUA),3,KERINCI (JAMBI),9,KESEHATAN,1,KISARAN (SUMATERA UTARA),2,KUANSING (RIAU),7,KULINER,2,KUPANG (NUSA TENGGARA TIMUR),1,LABUAN BAJO (NUSA TENGGARA TIMUR),1,LABUHANBATU (SUMATERA UTARA),384,LABUHANBATU SELATAN (SUMATERA UTARA),16,LABUHANBATU UTARA (SUMATERA UTARA),61,LAHAT (SUMATERA SELATAN),11,LAMPUNG BARAT (LAMPUNG),3,LAMPUNG TENGAH (LAMPUNG),1,LAMPUNG UTARA (LAMPUNG),102,LANGSA (ACEH),1,LHOKSEUMAWE (ACEH),11,LHOKSUKON (ACEH),3,LOMBOK BARAT (NUSA TENGGARA BARAT),40,LOMBOK TENGAH (NUSA TENGGARA BARAT),78,LOMBOK TIMUR (NUSA TENGGARA BARAT),649,LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT,502,LOMBOK UTARA (NUSA TENGGARA BARAT),4,LUBUKLINGGAU (SUMATERA SELATAN),2,MAKASAR (SULAWESI SELATAN),1,MANGGARAI (NUSA TENGGARA TIMUR),1,MANGGARAI BARAT (NUSA TENGGARA TIMUR),1,MANGGARAI TIMUR (NUSA TENGGARA TIMUR),13,MATARAM (NUSA TENGGARA BARAT),87,MEDAN (SUMATERA UTARA),22,MERANGIN (JAMBI),3,METRO (LAMPUNG),2,MUARA ENIM (SUMATERA SELATAN),949,MUSI BANYUASIN (SUMATERA SELATAN),1070,MUSI RAWAS (SUMATERA SELATAN),1,MUSI RAWAS UTARA (SUMATERA SELATAN),1,MUSIRAWAS UTARA (SUMATERA SELATAN),1,NAGAN RAYA (ACEH),2,NASIONAL,49,NIAS (SUMATERA UTARA),10,NIAS SELATAN (SUMATERA UTARA),2,NIAS UTARA (SUMATERA UTARA),1,OGAN ILIR (SUMATERA SELATAN),1,OGAN KOMERING ULU (SUMATERA SELATAN),1,OKU SELATAN (SUMATERA SELATAN),6,OLAHRAGA,10,OPINI,12,PADANG (SUMATERA BARAT),2,PADANGSIDIMPUAN (SUMATERA UTARA),2,PALEMBANG (SUMATERA SELATAN),64,PALI (SUMATERA SELATAN),1,PANDEGLANG (BANTEN),2,PAPUA,1,PARIAMAN (SUMATERA BARAT),1,PEKANBARU (RIAU),341,PELALAWAN (RIAU),392,PEMATANG SIANTAR (SUMATERA UTARA),185,PESAWARAN (LAMPUNG),3,PESISIR BARAT (LAMPUNG),30,PIDIE (ACEH),1,POLITIK,2,PULAU TALIABU (MALUKU UTARA),35,PURWAKARTA (JAWA BARAT),3,ROKAN HILIR (RIAU),1380,ROKAN HULU (RIAU),401,SAMOSIR (SUMATERA UTARA),4,SEMARANG (JAWA TENGAH),2,SEOUL (KOREA SELATAN),1,SERANG (BANTEN),3,SIAK (RIAU),805,SIANTAR (SUMATERA UTARA),12,SIMALUNGUN (SUMATERA UTARA),652,SLEMAN (YOGYAKARTA),1,SOLO (JAWA TENGAH),1,SRAGEN (JAWA TENGAH),1,SUBUSSALAM (ACEH),3,SUKABUMI (JAWA BARAT),1,SUMBAWA (NUSA TENGGARA BARAT),42,SUMBAWA BARAT (NUSA TENGGARA BARAT),1,SURABAYA (JAWA TIMUR),1,SURAKARTA (JAWA TENGAH),1,TANGERANG (BANTEN),3,TANGGAMUS (LAMPUNG),18,TANJUNG BALAI ASAHAN (SUMATERA UTARA),79,TANJUNG PINANG (KEPULAUAN RIAU),1,TANJUNGBALAI (SUMATERA UTARA),5,TAPANULI SELATAN (SUMATERA UTARA),2,TAPANULI UTARA (SUMATERA UTARA),2,TEBING TINGGI (SUMATERA UTARA),1,TERNATE (MALUKU UTARA),1,TOBA (SUMATERA UTARA),3,TULANG BAWANG (LAMPUNG),11,WAINGAPU (NUSA TENGGARA TIMUR),1,WAY KANAN (LAMPUNG),358,YOGYAKARTA,3,
ltr
item
kompaspos: Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Keterampilan Berbicara Menggunakan Aplikasi ELSA Speak
Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Keterampilan Berbicara Menggunakan Aplikasi ELSA Speak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYTBDqYtrojy0jVO0w-2VLMWH05B0pVFRoynLuu7CudkhIDWwDTtYx0CpQHRO35h6hJCG9kS-zGM2FywLClWJshI6Uqp4DcEZXa73PnUjW-IfUQMaJ6XWwRmEBJVETvLPwjJTNVsBq6f_Ewy0IIN99XAY_5cdIBD645arsMq8_Y9Dt90oIgHkfbSjvzg/s320/IMG_20230605_100142.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYTBDqYtrojy0jVO0w-2VLMWH05B0pVFRoynLuu7CudkhIDWwDTtYx0CpQHRO35h6hJCG9kS-zGM2FywLClWJshI6Uqp4DcEZXa73PnUjW-IfUQMaJ6XWwRmEBJVETvLPwjJTNVsBq6f_Ewy0IIN99XAY_5cdIBD645arsMq8_Y9Dt90oIgHkfbSjvzg/s72-c/IMG_20230605_100142.jpg
kompaspos
https://www.kompaspos.com/2023/06/inovasi-media-pembelajaran-bahasa.html
https://www.kompaspos.com/
https://www.kompaspos.com/
https://www.kompaspos.com/2023/06/inovasi-media-pembelajaran-bahasa.html
true
4853056688610248325
UTF-8
Loaded All Posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy